Skripsi Biologi
Peningkatan Hasil Belajar Biologi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Predeict, Observe, Explain (POE) : Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsindur Kabupaten Bogor
RIRIN KARINA HUSIN. 036112038. Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan
Menerepkan Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE). Skripsi.
Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Susi Sutjihati, M.Si,
dan Dra Eka Suhardi, M.Si
Penelitian ini merupakan tindakan kelas (Classroom Action Reaserch).
Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan guru model. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan Agustus tahun ajaran 2016/2017 di kelas X MIA 1 SMAN 1 Gunungsindur,
Kab Bogor. Sampel dalam penelitian yaitu 44 siswa. Proses penelitian dilakukan dalam
2 siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, penerapan,
pengamatan dan refleksi. Disetiap akhir siklus dilakukan evaluasi dengan instrument
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif
biologi siswa kelas X MIA 1 setelah dilakukan penerapan model Predict, Observe,
Explain (POE) pada siklus I mencapai 73,28 (61,36%) dan pada siklus II meningkat
menjadi 81,20 (79,55%). Sedangkan, nilai rata-rata hasil belajar ranah afektif pada
siklus I mencapai 73,13 dengan kategoti cukup dan pada siklus II mencapai 76,53
dengan kategori baik. Adapun antusias yang ditunjukan oleh peningkatan aktivitas
siswa pada penerapan model pembelajaran POE yaitu mencapai 54,75 % pada siklus I
pertemuan 1 dan meningkat menjadi 62,12% pada siklus I pertemuan 2. Pada siklus II
juga terdapat peningkatan antusias siswa yaitu 75,19% pada tindakan 1 dan meningkat
menjadi 84,66 pada tindakan 2. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik
kesimpulan bahwa menerapkan model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil
belajar biologi.
Kata kunci: Model Pembelajaran, POE, Hasil Belajar Biologi
2016SB091 | 91 HUS | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain