Skripsi PGSD
Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Berbasis HOTS Menggunakan Aplikasinya Quizizz dan QR Code pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan
Salsa Billa. 037120022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengembangan instrumen tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan
aplikasi Quizizz dan QR-Code pembelajaran matematika materi pecahan
kelas V SDN Kukupu 3 Kota Bogor serta untuk mengetahui kelayakan
instrumen tes pilihan ganda berbasis HOTS menggunakan aplikasi Quizizz
dan Qr-code terhadap proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Model 4-D (Define, Design,
Development dan Dissemination). Pada penelitian ini dilakukan uji validasi
ahli dan uji validisi empiris. Uji validasi ahli dilakukan kepada para ahli, yaitu
ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media mendapat 94%
dengan kriteria sangat layak dan oleh ahli materi mendapat 97% dengan
kriteria sangat layak. Selain itu, dilakukan juga uji validasi empiris kepada
kelas VI dengan data yang diperoleh yaitu dalam validitas terdapat 30 soal
valid dan 10 soal valid. Dalam reabilitas mendaptkan koefisien reabilitas
sebesar 0,980 sehingga dapat dikategorin reabilitas tinggi. Dalam Tingkat
daya sukar terdapat sukar 0 butir soal, sedang 10 butir soal dan mudah 30
butir soal, dan daya pembeda terdapat 20 butir soal baik, 13 butir soal
diterima, 5 soal butir soal diperbaiki, dan 2 butir soal ditolak. Setelah itu,
soal yang valid dilakukan uji coba kepada peserta didik kelas V, dengan
hasil nilai 89% dengan jumlah 25 peserta didik yang memenuhi nilai KKM
dan nilai 11% dengan jumlah 2 peserta didik yang tidak memenuhi nilai
KKM. Setalah itu, hasil angket respon peserta didik mendapat 98% dengan
kategori sangat layak, Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa
instrumen sangat layak untuk digunakan oleh peserta pada materi pecahan
di kelas V Sekolah Dasar
Tidak tersedia versi lain