Mata Kuliah Pengembangan Kepri
Model Pembelajaran Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi
peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”
Bidang pendidikan merupakan bidang yang sangat penting dalam
membangun sebuah negara. Negara yang maju dapat dipastikan memiliki
sistem dan kualitas pendidikan yang sangat baik. Ini dikarenakan bidang
pendidikan sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia.
Sejak dilaksanakan Program wajib belajar 9 tahun, fungsi Pendidikan
Dasar telah mengalami perubahan mendasar. Pendidikan dasar tidak
menjalankan fungsi terminal, melainkan fungsi tradisional. Artinya, bagi
setiap anak usia sekolah (6-13 tahun), menamatkan pendidikan sekolah dasar
bukan lagi kondisi akhir dari pendidikan formal yang diharapkan, melainkan
sebagai tujuan mereka untuk melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya
yaitu sekolah menengah dan sekolah tinggi.
Fungsi utama dari pendidikan dasar yaitu peserta didik dibekali
kemampuan dasar yang terkait dengan pendidikan karakter dan kemampuan
berpikir kritis, membaca, menulis dan berhitung, dan yang paling penting
menjalankan pembentukan landasan kepribadian yang kuat terhadap siswa
dan pendidikan dasar pula memberikan dasar-dasar untuk mengikuti
pendidikan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Adanya keberhasilan
mengikuti pendidikan disekolah menengah dan perguruan tinggi banyak
dipengaruhi oleh keberhasilan dalam mengikuti pendidikan dasar.
Jadi jelas bahwa sangat erat sekali peran sekolah dasar dengan tujuan
pendidikan nasional dimana terdapat beberapa point yang meniptipkan akan
karakter bangsa yang cerdas.
Pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar serta
terencana bertujuan untuk mendidik dan memberdayakan setiap potensi
peserta didik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain