Skripsi Indonesia
Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Mengonversi Teks Hikayat Menjadi Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA Kosgoro Kota Bogor
Pina Nurul Ariyati “Penerapan Model Problem Based Learning dalam
Meningkatkan Keterampilan Mengonversi Teks Hikayat Menjadi Teks Eksposisi
pada Siswa Kelas X SMA Kosgoro Kota Bogor.” Program Studi Pendidika
Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan
2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning
dalam pembelajaran keterampilan mengonversi teks hikayat menjadi teks eksposisi
siswa kelas X SMA Kosgoro Kota Bogor. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIPA 2
sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan teknik
Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model Problem Based
Learning dapat meningkatkan keterampilan mengonversi teks hikayat menjadi teks
ekposisi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data
prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 52,32 dapat diketahui
kemampuan siswa kurang mampu dalam mengonversi teks hikayat menjadi teks
eksposisi meningkat menjadi 71,28 dengan taraf kemampuan cukup mampu. Hasil
perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat menggunakan rumus uji
t, diperoleh data harga t0 = 3,03 dan db = 48 dengan t taraf dituliskan menjadi 1,67 <
2,62 > 2,41 hal tersebut menunjukan terjadi peningkatan yang signifikan pada kelas
eksperimen. Hipotesis kedua yaitu siswa mengalami kendala dalam mengonversi teks
hikayat menjadi teks eksposisi terbukti kebenarannya. Hasil angket menyatakan bahwa
ada kendala yang dialami oleh siswa diantaranya, 84% hampir seluruhnya mengalami
kendala dalam mengonversi teks hikayat menjadi teks eksposisi, sedangkan 16%
sebagian kecil tidak mengalami kendala dalam mengonversi teks hikayat menjadi teks
eksposisi. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning dapat
meningkatkan keterampilan mengonversi teks hikayat menjadi teks eksposisi dan
masih ada beberapa kendala yang dialami siswa dalam mengonversi teks hikayat
menjadi teks ekposisi.
2019SI0107.C1 | 107 ARI | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain