Skripsi Indonesia
Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Narasi (Cerita Fantasi) Kelas VII di SMP Kota Bogor
Risa Puspita Sari: Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Narasi (Cerita
Fantasi) Kelas VII Di SMP Kota Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Pakuan, 2021.
Untuk mencapai suatu kompetensi secara maksimal. Salah satu komponen RPP
adalah model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian
langkah-langkah model pembelajaran. Semua sintak itu tergambar dalam langkah-
langkah pembelajaran. Problem Based learning dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Teks Narasi (Cerita Fantasi) Siswa kelas VII SMP Zafirah
kota Bogor dan SMP PUI Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan oleh peneliti berupa sebuah
kalimat dan paragraf sesuai sintak pada model pembelajaran Problem Based
Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Teknik yang digunakan
oleh peneliti, yaitu studi kepustakaan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
model PBL yang digunakan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
sintak-sintak yang digunakan sesuai dengan sintak model Problem Based Learning.
Sintak tersebut adalah orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk
belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan
dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah.
Kata Kunci: Problem Based Learning, RPP, Teks Narasi (Cerita Fantasi)
2021SI0046.C1 | 46 SAR | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain