Skripsi Indonesia
Penerapan Metode Outdoor Study dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Kelas VII SMP Negeri 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi
Sheren Suci Puspita Sari. Penerapan Metode Outdoor Study dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi kelas VII SMP
NEGERI 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Skripsi, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Outdoor Study
dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi dan mengatuhui
kendala siswa kelas VII SMP NEGERI 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP NEGERI 1 Cibarusah, dan
sampel penelitian ini adalah kelas VII – A. Dengan metode yang digunakan
adalah eksperimen dengan teknik tes dan angket. Tes digunakan untuk
mengetahui kemampuan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis teks
deskripsi. Dan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami siswa
dalam pembelajaran teks deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
kemampuan siswa menulis teks deskripsi mengalami peningkatan. Hal tersebut
dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata prates kelas eksperimen 44,38. Sementara
itu nilai rata-rata postes kelas eksperimen yaitu 83,93. Adapun di kelas kontrol
nilai rata-rata prates yakni, 44,38. Sedangkan nilai rat-rata postes 54,125.
Berdasarkan dari hasil perhitungan mean, harga thitung = 19,8 dengan hasil d.b =
70. Dilakukan uji pada tabel “t” bahwa nilai d.b = 70 diperoleh dengan t0,99 = 2,38
dan t0,95 = 2,64. Dengan demikian, thitung lebih besar dari pada ttabel atau thitung
signifikan yaitu (2,382,64). Hasil tersebut menyatakan bahwa penggunaan
metode Outdoor Study dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi
siswa kelas VII SMP NEGERI 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Terdapat kendala
yang pertama yaitu 27 siswa (75%) dalam menentukan tema/judul deskripsi,
selanjutnya siswa mengalami kendala dalam menentukan ciri-ciri teks deskripsi
terdapat 20 siswa (55%), selanjutnya kendala dalam menentukan jenis-jenis teks
deskripsi ada 21 siswa atau (58%), kendala dalam memahami struktur teks
deskripsi ada 19 siswa atau (53%), kemudian kendala dalam menentukan kaidah
kebahasaan teks deskripsi ada 20 siswa atau (55%), dan yang terakhir yaitu
kendala dalam menentukan pronomina dalam teks deskripsi ada 20 siswa atau
(55%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Outdoor
Study dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas
VII SMP NEGERI 1 Cibarusah Kabupaten Bekasi, meskipun siswa masih
mengalami kendala.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis,Teks Deskripsi, Metode Outdoor Study
2023SI0012.C1 | 12 SAR | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain