Skripsi Indonesia
Pengembangan Bahan Ajar Buku Pop UP Digital Dalam Teks Ekplanasi Pada Siswa Kelas VIII Di Smpn 11 Bogor
vii
ABSTRAK
Muhamad Sangga Weudi. 032119034. Pengembangan Bahan Ajar Buku Pop Up
Digital dalam Materi Teks Eksplanasi Pada Kelas VIII Di SMPN 11 Bogor.
Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Pakuan.
Bogor. Dibawah bimbingan Stella Talitha M.Pd. dan Wildan F. Mubarock
M.Pd.
Tujuan penelitian ini, yaitu : 1) untuk mengembangkan buku pop up digital sebagai
bahan ajar pada materi teks eksplanasi di SMPN 11 Bogor, 2) untuk mendeskripsikan
kelayakan bahan ajar buku pop up digital dalam materi teks eksplanasi pada kelas
VIII di SMPN 11 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode
R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek
dalam penelitian ini adalah 3 orang dari validator ahli media, ahli materi, ahli bahasa,
peserta didik kelas VIII-I berjumlah 33 orang dan 1 orang guru. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa bahan ajar buku pop up digital dalam materi teks eskplanasi
pada kelas VIII di SMPN 11 Bogor sudah memenuhi kategori sangat layak
berdasarkan hasil validasi ahli media, maka diperoleh nilai rata-rata sebesar 94%,
validasi ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata sebesar 100%, validasi ahli materi
diperoleh nilai rata-rata sebesar 97% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan data
hasil respons peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 91,3% dan respons guru
diperoleh nilai rata-rata sebesar 97% dengan kriteria “sangat layak”. Berdasarkan
hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar buku pop up digital
sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi
teks eksplanasi.
Kata kunci : Research and Development, Bahan Ajar, Buku Pop U
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain