Skripsi Indonesia
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Cibarusah Kabupaten Bekasi.
Putri Maulani. 032118092. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script
dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Siswa Kelas
VII SMP Negeri 5 Cibarusah Kabupaten Bekasi. Skripsi. Universitas Pakuan.
Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Tri Mahajani, M.Pd. dan Siti Chodijah,
M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran
Cooperative Script terhadap keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII
SMP Negeri 5 Cibarusah Kabupaten Bekasi serta untuk mengetahui kendala yang
dialami oleh siswa dalam menulis teks cerita fabel menggunakan model
Cooperative Script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode
eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan
observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 5
Cibarusah Kabupaten Bekasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII
G sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hipotesis pertama
yaitu penerapan model Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan
menulis teks cerita fabel siswa dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan
dengan hasil pretest siswa kelas eksperimen yang memperoleh nilai rata-rata 48
dapat diketahui bahwa kemampuan siswa berada pada kategori kurang mampu
dalam menulis teks cerita fabel, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata kelas
eksperimen meningkat menjadi 81 menunjukkan tingkat penguasaan mampu.
Berdasarkan hasil perhitungan selisih antara nilai pretest-posttest kelas eksperimen
dan kelas kontrol nilai N-Gain yang diperoleh dari nilai pretest kelas eksperimen
sebesar 48 dan nilai posttest sebesar 81 sehingga nilai skor N-Gain yang diperoleh
kelas eksperimen yaitu 0,6 berada pada kategori sedang, begitu pun pada kelas
kontrol diperoleh nilai pretest sebesar 59 dan nilai posstet sebesar 79 kemudian
dihitung skor N-Gain dan skor nilai yang diperoleh yaitu 0,5 termasuk dalam
kategori sedang. Dari uraian tersebut, dapat diketahui bahwa baik kelas eksperimen
maupun kelas kontrol berada pada kategori yang sama yaitu kategori sedang,
namun terdapat peningkatan skor yang lebih signifikan pada kelas eksperimen. Hal
ini disebabkan karena kelas eksperimen telah diberikan perlakuan berupa model
pembelajaran Cooperative Script yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran
menulis teks cerita fabel jika dibandingkan dengan model pembelajaran Take and
Give yang diterapkan pada kelas kontrol. Hipotesis kedua yaitu siswa mengalami
kendala saat menulis teks cerita fabel terbukti kebenarannya. Hasil angket
menyatakan bahwa siswa mengalami kendala saat menyusun alur cerita dalam
menulis teks cerita fabel sebanyak 20 siswa dengan persentase 65%, siswa
mengalami kendala saat menyusun kaidah kebahasaan dalam menulis teks cerita
fabel sebanyak 19 siswa atau 61%. Dengan demikian, penerapan model
pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan menulis teks
cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 5 Cibarusah Kabupaten Bekasi, meskipun
masih terdapat kendala saat menulis teks cerita fabel.
Kata Kunci: Model Cooperative Script, Keterampilan Menulis, Teks Cerita Fabel
2022SI0009.C1 | 9 MAU | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain