Skripsi Indonesia
Penerapan Metode Brainstorming dalam Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs Asiyah Cibinong Bogor
Rilla Launa Magfironi: Penerapan Metode Brainstorming dalam Keterampilan
Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong Bogor.
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode brainstorming dalam
keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong
Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks deskripsi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong Bogor. Sampel penelitian
ini adalah kelas VII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 7 sebagai kelas kontrol
dengan teknik sampel simple random sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan
metode brainstorming dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi dapat
teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal kelas
eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 61,7 dapat diketahui kemampuan siswa
cukup mampu dalam menulis teks deskripsi, sedangkan hasil tes akhir rata-rata nilai
kelas eksperimen dalam menulis teks deskripsi meningkat menjadi 86 dengan taraf
kemampuan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas
kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 3,26 dan db = 57
dengan tt taraf signifikasi 1% sebesar 2,39 serta tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 dan
apabila dituliskan menjadi 1,672,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan
yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami
kendala dalam menulis teks deskripsi terbukti kebenarannya. Bedasarkan hasil angket,
yang menyatakan bahwa pada proses menulis 16 siswa atau 53% kesulitan membuat
kerangka teks deskripsi. Siswa pun mengalami kendala pada tahap menyumbangkan
gagasan/ide mengenai objek ke dalam teks deskripsi, dilihat dari 12 siswa beranggapan
sulit atau 40%, dan 27% siswa merasa kesulitan pada penggunaan kata kerja material
terhadap teks deskripsi yang ditulis. Kendala terlihat ketika 8 atau 27% siswa kesulitan
menulis teks deskripsi pada bagian struktur simpulan/penutup saat proses menulis ke
dalam bentuk teks deskripsi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan
metode brainstorming dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada
siswa kelas VII MTs Al Asiyah Cibinong Bogor, meskipun pada saat menulis teks
siswa masih mengalami kendala.
Kata kunci: Keterampilan menulis, teks deskripsi, metode brainstorming.
2019SI0012.C1 | 12 MAG | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain