Skripsi Indonesia
Penerapan Media Video Stand Up Comedy dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas X SMK Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor
Fikri Haikal Maulana. Penerapan Media Video Stand Up Comedy dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X Smk
Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media video stand up comedy
dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK
Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu, tes, angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK
Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas X
OTKP-B sebagai kelas eksperimen dan kelas X OTKP-A sebagai kelas kontrol.
Hipotesis pertama yaitu penerapan media video stand up comedy dapat meningkatkan
kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Informatika Bina Generasi 3.
Hipotesis pertama teruji kebenarannya, hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya
data prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas, yaitu 55 berada pada tingkat
penguasaan kurang mampu. Untuk nilai postes eksperimen mencapai nilai rata-rata 85
berada pada tingkat penguasaan sangat mampu. Kemudian dilihat pula dari
perhitungan mean diperoleh harga thitung 3,3 dengan hasil d.b 70. Dilakukan uji pada
tabel âtâ bahwa nilai d.b = 70 diperoleh dengan t0,99 = 2,64 dan t095 = 1,99. Dengan
demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau thitung signifikan yaitu
1,992,64. Hipotesis kedua dapat teruji kebenarannya, dibuktikan dengan adanya
kendala siswa pada hasil analisis angket. Diketahui bahwa siswa memiliki beberapa
kendala diantaranya, kendala dalam menuangkan gagasan dan pikiran kedalam bentuk
tulisan, kendala pada saat menentuka kalimat yang sesuai, kendala pada saat
menentukan unsur kelucuan, terakhir kendala pada saat mencari atau menentukan
kritik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media video stand up
comedy dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK
Informatika Bina Generasi 3 Kabupaten Bogor.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Media Video Stand Up Comedy, Teks
Anekdot.
2022SI0026.C1 | 26 MAU | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain