Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Media Papan Cerita (Storyboard) dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Madani Kabupaten Bogor.
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penggunaan Media Papan Cerita (Storyboard) dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Madani Kabupaten Bogor.

Yunita, Nuraini/032118061 - Nama Orang;

Nuraini Yunita. 032118061. Penerapan Media Papan Cerita (Storyboard)
dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP
Madani Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah
bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa di SMP Madani
Kabupaten Bogor dalam menulis teks narasi menggunakan media papan cerita
(storyboard), dan untuk mengetahui penerapan media papan cerita (storyboard)
dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII di
SMP Madani Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan data, yaitu tes, angket, dan
pengamatan observasi. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII-1 dan
VII-2 di SMP Madani Kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-2
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dengan teknik
sampel cluster random sampling. Hipotesis penelitian ini adalah, pertama media
papan cerita (storyboard) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi
pada siswa kelas VII di SMP Madani Kabupaten Bogor dapat teruji kebenarannya.
Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perlakuan dengan data prates kelas
eksperimen memperoleh nilai rata-rata 30,8. Dari data tersebut dapat diketahui
keterampilan siswa berada dalam taraf tidak mampu menulis teks narasi,
sementara hasil pascates memproleh nilai rata-rata 81,57 dengan taraf kemampuan
siswa mampu. Jadi terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 51.00. Kemudian
hasil perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung = 5,5 dan db = 67. Diperoleh harga
t0,01 = 2,38 dan harga t0,05 = 1,66. Dengan demikian, ttabel jauh lebih besar daripada
thitung atau harga ttabel signifikan karena nilai ttabel > thitung, yaitu 1,662,38. Hal
tersebut dapat dibuktikan bahwa peningkatan yang signifikan pada kelas
eksperimen.
Kata kunci : Keterampilan menulis teks narasi, media papan cerita
(storyboard).


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 18 YUN
2022SI0018.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
18 YUN
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
18 YUN p 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Rina Rosdiana, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?