Skripsi Indonesia
Penggunaan Media Papan Cerita (Storyboard) dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Madani Kabupaten Bogor.
Nuraini Yunita. 032118061. Penerapan Media Papan Cerita (Storyboard)
dalam Pembelajaran Menulis Teks Narasi Pada Siswa Kelas VII SMP
Madani Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah
bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa di SMP Madani
Kabupaten Bogor dalam menulis teks narasi menggunakan media papan cerita
(storyboard), dan untuk mengetahui penerapan media papan cerita (storyboard)
dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas VII di
SMP Madani Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan data, yaitu tes, angket, dan
pengamatan observasi. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas VII-1 dan
VII-2 di SMP Madani Kabupaten Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-2
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dengan teknik
sampel cluster random sampling. Hipotesis penelitian ini adalah, pertama media
papan cerita (storyboard) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi
pada siswa kelas VII di SMP Madani Kabupaten Bogor dapat teruji kebenarannya.
Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perlakuan dengan data prates kelas
eksperimen memperoleh nilai rata-rata 30,8. Dari data tersebut dapat diketahui
keterampilan siswa berada dalam taraf tidak mampu menulis teks narasi,
sementara hasil pascates memproleh nilai rata-rata 81,57 dengan taraf kemampuan
siswa mampu. Jadi terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 51.00. Kemudian
hasil perhitungan uji-t, diperoleh harga thitung = 5,5 dan db = 67. Diperoleh harga
t0,01 = 2,38 dan harga t0,05 = 1,66. Dengan demikian, ttabel jauh lebih besar daripada
thitung atau harga ttabel signifikan karena nilai ttabel > thitung, yaitu 1,662,38. Hal
tersebut dapat dibuktikan bahwa peningkatan yang signifikan pada kelas
eksperimen.
Kata kunci : Keterampilan menulis teks narasi, media papan cerita
(storyboard).
2022SI0018.C1 | 18 YUN | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain