Text
Desain Pembelajaran Berbasis Kasus
Metode Kasus Adalah Metode Instruksi yang Mana Peserta Didik Dan Pendidik Berpatisipasi dalam Diskusi Langsung Tentang Kasus Atau Permasalahan Yang Ada Di Lapangan. Metode Kasus Merupakan Suatu Strategi Yang Digunakan Dalam Penyajian Suatu Pelajaran Dengan Memanfaatkan Kasus Yang Ditemui Sebagai Bahan Pembelajaran Kemudia Kasus Tersebut Dikaji Secara Bersama Untuk Mendapatkan Solusi Atau Jalan Keluar. Strategi Pembelajaran Dengan Metode Kasus Ini Memungkinkan Peserta Didik Agar Dapat Memecahkan Dan Mengambil Keputusan Terhadap Kasus Yang Ditemukan Dalam Kehidupan sehari-hari. Metode Kasus Dapat Mengasah Dan Memecahkan Suatu Problema Yang Muncul Dalam Proses Pembelajaran Maupun Dalam Kehidupan Sehari-hari. Pembelajaran Kasus Melibatkan Kondisi Interaktif, Eksploratif Peserta Didik terhadap Situasi Realistik Dan Spesifik. Metode Kasus Dilakukan Secara Peneliti Ingin Mendapatkan Pemahaman Atas Suatu Masalah, Peristiwa, Atau Fenomena Yang Menarik Dalam Konteks Kehidupan Nyata Yang Alami.
Metode Kasus Juga Memungkinkan Mahasiswa untuk Mendapatkan Informasi Yang Bersifat Kholistik Berkaitan Serangkaian Kejadian Atau Fenomena Tertentu. Dalam Aktivitas Pembelajaran Kasus, Dosen Berperan Sebagai Fasilitator Sekaligus Sebagai Rekan Yang Bertugas Membimbing Alur Diskusi. Pembelajaran Kolaboratif Dorancang Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa. Dampak Lain Dari Model Pembelajaran Kolaboratif Adalah Dapat Meningkatkan Kemampuan Menerima Serta Menghargai Pendapat Orang lain Berpikir Kreatif, Dan Memiliki Rasa Percaya Diri
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain