Text
Pengembangan Tes Pilihan Ganda Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum Menggunakan Aplikasi Plickers Materi Penyajian Data.
Firdaini Aulia 037120056. Pengembangan Tes Pilihan Ganda Berbasis
Asesmen Kompetensi Minimum Menggunakan Aplikasi Plickers Materi
Penyajian Data. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and
Development di SDN Tlajung Udik 01. Subjek penelitian siswa kelas V-A
SDN Tlajung Udik 01 Kabupaten Bogor yang terdiri dari 24 siswa, penelitian
dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Metode
penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Menganalisis kebutuhan media
evaluasi berbasis AKM yang perlu dilakukan untuk meningkatkan hasil
AKM. Selanjutnya, merancang konsep instrument beserta produk pada tiap
butir soal. Dilanjutkan dengan mengembangkan produk yang telah
dirancang kepada ahli media, bahasa, dan materi di bidang evaluasi.
Melakukan implementasi kepada kelas V-A SDN Tlajung Udik 01 dan
mengevaluasi hasil respon peserta didik terhadap produk yang telah
dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan tes ini
memperoleh 80% dari ahli media, 100% dari ahli bahasa, 89,4% dari ahli
materi bidang evaluasi, dan 87% dari respon peserta didik. Adapun hasil uji
instrument dari 40 butir soal diperoleh 80% valid, dan 0,951 realibel dengan
r tabel 0,396. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tes
pilihan ganda berbasis asesmen kompetensi minimum menggunakan
aplikasi Plickers sangat layak untuk digunakan dalam materi penyajian
data.
Kata kunci: Asesmen Kompetensi Minimum, Plickers, Penyajian Data
2024SPGSD0084 | 84 AUL | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain