Text
Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa
Asiam. 037114286. Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar
Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2018.Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap motivasi belajar siswa.
Subyek penelitian ini adalahsiswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sukmajaya
Desa Sukmajaya kecamatan Tajurhalang Kabupaten Bogor Semester Genap
Tahun Pelajaran 2020/2021yang berjumlah 79 siswa. Sampel yang diambil
sebanyak 44 siswa yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro
Yamanedengan presisi sebesar 10%.Penelitian kuantitatif ini dilakukan
dengan uji coba validitas dan realibilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan
dengan mensurvei sampel dengan instrumen yang valid dan
reliabel.Kemudian, hasil penelitian menunjukkan terdapatpengaruh antara
disiplin belajar dengan motivasi belajar, ditunjukkan dengan analisis statistik
yang menghasilkan koefisien korelasi(rxy) sebesar 0,72. Ini
menunjukkanbahwa terdapat hubungan yang kuat dari variabel disiplin
belajar dengan motivasi belajar, sedangkan koefisien determinasi (r2)
sebesar52%. Hal ini berarti nilai konstribusidisiplin belajar terhadap motivasi
belajar siswa sebesar 52%, melalui persamaan regresiƶ = 109,314 +
0,1945X. Sisanya sebanyak 48% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan
hasil penelitian di atas disimpulkan bahwaterdapat hubungan positif antara
disiplin belajar terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini berarti,upaya
meningkatkan Disiplin belajar yaitu dengan meningkatkan Motivasi belajar
siswa yang didukung faktor-faktor lainnya.
Kata Kunci: Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Siswa
Tidak tersedia versi lain