Skripsi PGSD
Penerapan Model Problem Based Learning dan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika
Dian Natalia Ahmatika. 037117054. Penerapan Model Problem Based
Learning dan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar
Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Falkutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
Matematika Materi Pecahan melalui model pembelajaran Problem Based
Learning dan model Discovery Learning di kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Cileungsi 06 Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran
2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif
dengan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup dengan simple
random sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat
analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, dan uji
hipotesis menggunakan uji t. Perhitungan N-Gain model Problem Based
Learning sebesar 47 dengan kriteria tinggi dan N-Gain model Discovery
Learning sebesar 31 dengan kriteria sedang. Sehingga N-Gain pada kelas
eksperimen dengan model Problem Based Learning lebih besar
dibandingkan dengan kelas kontrol dengan model Discovery Learning.
Peneliti juga melakukan uji normalitas dengan uji liliefors kedua sampel
berdistribusi normal karena nilai kedua sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada
kelompok kelas Problem Based Learning didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu
0,0333 < 0,1477, pada kelompok kelas Discovery Learning didapat nilai
Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,0552 < 0,1477. Kemudian pada uji homogenitas data
tersebut bersifat homogen karena lebih kecil dari X2tabel, didapatkan nilai
Fhitung ≤ Ftabel yaitu 1,63 < 1,74. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan
thitung sebesar 4,3299 lebih besar dari ttabel sebesar 1,9944 menunjukkan
bahwa Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.
berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat dinyatakan bahwa model
Problem Based Learning dan Discovery Learning memiliki perbedaan
terhadap hasil belajar matematika materi pecahan, dengan kata lain bahwa
model Probelem Based Learning lebih efektif dibandingkan model
Discovery Learning pada pelajaran matematika materi pecahan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain