Skripsi PGSD
Pengembangan Multimedia Interaktif Digital Berbasis Articulate Storyline Pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam Di Indonesia : Pendekatan Penelitian Research and Development pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cipayung 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Nabila Wihardini (037118102) Pengembangan Multimedia Interaktif Digital
Berbasis Articulate Storyline Pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam
Di Indonesia. Perkembangan teknologi yang semakin pesat di Indonesia,
memungkinkan dunia pendidikan ikut melibatkan teknologi dalam
pembelajaran, salah satunya dengan mengembangkan multimedia
interaktif berbasis software Articulate Storyline sebagai alternatif media
pembelajaran di sekolah. Pendekatan penelitian ini yaitu penelitian dan
pengembangan dengan desain ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan
dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis Articulate
Storyline pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia di SD
Negeri Cipayung 01. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi
lembar validasi ahli media, bahasa, materi yang berjumlah enam orang,
instrumen soal pre-test dan post-test dan kuesioner respon guru dan siswa
untuk mengetahui persepsi sebelum dan sesudah menerapkan multimedia
interaktif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada Tema 9 Subtema
2 Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia pembelajaran ke 5 memenuhi
kriteria valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas IV
tingkat Sekolah Dasar (SD). Produk hasil pengembangan multimedia
interaktif dinyatakan layak dan mampu menarik perhatian siswa yang
berpengaruh kepada penilaian kemampuan kognitifnya, hasil validasi oleh
tiga orang dosen dan tiga orang guru kelas IV memperoleh rata-rata 97%
dengan kriteria “Sangat Layak” diperkuat dengan perolehan skor N-Gain
mencapai 0,75, dengan kategori “Tinggi”, demikian pula dengan hasil
kuesioner respon siswa dan guru yang memperoleh hasil baik dengan
persentase sebesar 93,1% untuk respon siswa dan 94% untuk respon guru
yang keduanya tergolong klasifikasi “Sangat Layak” diterapkan dalam
pembelajaran.
Kata kunci: Articulate Storyline, Tematik SD, Validasi, Media interaktif
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain