Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan Di Sekitarku
Novia Sriheryani. 037117123. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pekerjaan Di
Sekitarku. Pendekatan yang diambil adalah eksperimen quasi desain dua
grup di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 02 Kota Bogor. Subyek
penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA dan IVB sebanyak 44 orang,
penelitian ini dilakukan pada bulan Desember semester ganjil tahun
pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat
pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap
Hasil Belajar Subtema Pekerjaan Di Sekitarku”. Hal ini terlihat dari nilai
Ngain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 79, sedangkan ketuntasan
hasil belajar yang diperoleh kelompok ekperimen sebesar 90,9%,
sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai N-gain sebesar 60.
Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 40,9%.
Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena
thitung (4,632) > ttabel (2,01808). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa
penelitian ini memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan
model pembelajaran yang inovatif dan dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning, Konvensional
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain