Text
Perbedaan Model Number HeadTogether dan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 1 Cisarua
ANGGUN WIDANINGSIH. 036113004. Perbedaan Model Number Head
Together dan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA
Negeri 1 Cisarua. Skripis. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah Bimbingan
Dr. H. Oding Sunardi, M.Pd dan Dra. Teti Rostikawati, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-eksperimen. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Number Head Together dan
Snowball Throwing terhadap hasil belajar Biologi pada materi Sistem Gerak
Manusia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2017 sampai dengan
bulan Januari 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1
dan XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Cisarua tahun ajaran 2017/2018. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Culster Random
Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas
eksperimen yang diberi perlakuan model Number Head Together berjumlah 39
siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas pembanding yang diberi perlakuan
model Snowball Throwing berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa pada kelas yang
menggunakan model pembelajaran Number Head Together dengan siswa pada
kelas yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi
Sistem Gerak Manusia. Hal ini dibuktikan dari rata-rata nilai N-Gain yang
berbeda, yaitu 64,13 untuk model pembelajaran Number Head Together dan 51,03
untuk model pembelajaran Snowball Throwing untuk aspek kognitif. Model
pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar biologi
siswa lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing.
Kata Kunci : Kuantitatif, Eksperimen, Number Head Together, Snowball
Throwing, Hasil Belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain