Text
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA ATAS KREATIVITAS GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA
II
ABSTRAK
Muhammad Faruq Dzulfiqar Daenuri, 037114337. Penelitian ini
tergolong penelitian korelasional yang terdiri dari Persepsi siswa atas
kreativitas guru sebagai variabel bebas dan minat belajar siswa sebagai
variabel terikat.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Persepsi
Siswa Atas Kreativitas Guru Dengan Minat Belajar Siswa. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan April 2021 dan menggunakan penelitian survai
dengan pendekatan korelasional. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas
V Sekolah Dasar Negeri 2 Warungkiara Kecamatan Warungkiara
Kabupaten Sukabumi yang berjumlah 55 responden. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu teknik analisis regresi dan korelasi sederhana.
Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model
hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi. Teknik
analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model
hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ =
19,278 + 0,7430X, dengan harga Fhitung sebesar 24,17 lebih besar dari
Ftabel dengan taraf nyata 0,05 sebesar 4,01 dan Kontribusi variabel
persepsi siswa atas kreativitas guru dalam meningkatkan minat belajar
siswa dapat dilihat dari koefisien korelasi (r) sebesar 0,40 menunjukan
pengeruh hubungan sedang, harga koefisien korelasi determinasi (r2)
sebesar 0,16, hal ini menunjukan bahwa kontribusi variabel X terhadap
variabel Y sebesar 16%Sisanya sebanyak 84% ditentukan oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan terdapat
hubungan positif antara perhatian orangtua dengan keadisiplinan belajar
siswa.
Kata Kunci : Persepsi Siswa Atas Kreativita Guru dan Minat Belajar Siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain