Text
PENGARUH SIKAP PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA
Niken Kurniawati 037118175. Pengaruh Sikap Percaya Diri Siswa
Terhadap Hasil Belajar Subtema Lingkungan Dan Manfaatnya. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Pakuan 2022. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh antara sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar
subtema lingkungan dan manfaatnya. Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas V-A dan V-B Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota
Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian
dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan
homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan
terdapat pengaruh sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar subtema
lingkungan dan manfaatnya. Teknik analisis regresi korelasi sederhana
menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk
persamaan regresi yaitu Ŷ = 48,50 + (0,42) (X). Hasil penelitian ini
ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi
(rxy) sebesar 0,45. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 20,7%.
Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pengaruh sikap percaya diri
siswa terhadap hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya
menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan
regresi yaitu Ŷ = 48,50 + (0,42) (X), yang berarti setiap kenaikan unit sikap
percaya diri menyebabkan kenaikan hasil belajar siswa sebesar 0,42 unit.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif antara sikap percaya diri siswa terhadap
hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya di kelas V-A dan V-B
Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor tahun pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Percaya Diri, Hasil Belajar Subtema Lingkungan dan
Manfaatnya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain