Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH SIKAP PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP
HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN DAN
MANFAATNYA
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH SIKAP PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA LINGKUNGAN DAN MANFAATNYA

Kurniawati, Niken/037118175 - Nama Orang;

Niken Kurniawati 037118175. Pengaruh Sikap Percaya Diri Siswa
Terhadap Hasil Belajar Subtema Lingkungan Dan Manfaatnya. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Pakuan 2022. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh antara sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar
subtema lingkungan dan manfaatnya. Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas V-A dan V-B Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota
Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian
dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan
homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan
terdapat pengaruh sikap percaya diri siswa terhadap hasil belajar subtema
lingkungan dan manfaatnya. Teknik analisis regresi korelasi sederhana
menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk
persamaan regresi yaitu Ŷ = 48,50 + (0,42) (X). Hasil penelitian ini
ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi
(rxy) sebesar 0,45. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 20,7%.
Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana pengaruh sikap percaya diri
siswa terhadap hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya
menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan
regresi yaitu Ŷ = 48,50 + (0,42) (X), yang berarti setiap kenaikan unit sikap
percaya diri menyebabkan kenaikan hasil belajar siswa sebesar 0,42 unit.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif antara sikap percaya diri siswa terhadap
hasil belajar subtema lingkungan dan manfaatnya di kelas V-A dan V-B
Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor tahun pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Percaya Diri, Hasil Belajar Subtema Lingkungan dan
Manfaatnya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Bogor : FKIP., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?