Skripsi Biologi
HUBUNGAN HASIL BELAJAR KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN KESADARAN BERKELANJUTAN SISWA
Devy Puji Lestari. 036117001. Hubungan Hasil Belajar Konsep Pencemaran
Lingkungan Dengan Kesadaran Berkelanjutan Siswa. Skripsi.Universitas
Pakuan Bogor. dibawah bimbingan Oding Sunardi dan Suci Siti Lahtifah
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar biologi pada siswa
sekolah menengah atas di Kecamatan Sukmajaya. Penelitian ini termasuk penelitian
Korelasi melalui pendekatana kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI MIPA SMA YAPEMRI DEPOK Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa,
yang diperoleh menggunakan rumus Product Moment Pearson. Validasi instrumen
hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis regresi sederhana
dengan Ŷ = 63,46+0,32X yang berarti hubungan fungsional adalah signifikan.
Dalam penelitian ini, setiap kenaikan satu unit Hasil Belajar Konsep Pencemaran
Lingkungan akan meningkatkan Kesadaran Berkelanjutan Siswa sebesar 0,32 unit.
Pengujian korelasi sederhana menyatakan bahwa(rxy) sebesar 0,649 yang berarti
terdapat hubungan antara variabel kuat, sedangkan koefisien determinasi (r2)
sebesar 0,42 yang berarti Hasil Belajar Konsep Pencemaran Lingkungan
berkontribusi 42% terhadap Kesadaran Berkelanjutan Siswa. Sisanya sebanyak
48% ditentukan oleh faktor lain seperti kedisiplinan siswa, keteladan guru dan
orang tua. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan yang positif antara Hasil Belajar Konsep Pencemaran
Lingkungan dengan Kesadaran Berkelanjutan Siswa.
Kata Kunci: hasil belajar, konsep pencemaran lingkungan dan kesadaran
berkelanjutan siswa
2022SB0013.C1 | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain