Skripsi Biologi
Pengembangan Penuntun Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Jamur SMA Kelas X
Niesa Purnama Gunawan. 036115012. Pengembangan Penuntun Praktikum untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Jamur Kelas X.
Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Triasianingrum A.
S.U dan Indri Yani, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum berbasis
keterampilan berpikir kritis sebagai pelengkap pembelajaran yang lebih efektif pada
materi jamur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dengan model Four-D (Define, Design,
Develop, Disseminate). Penelitian dilaksanakan pada bulan April-November 2019.
Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukaresmi
tahun akademik 2019/2020 sebanyak 30 orang siswa. Pelaksanaan uji coba lapangan
hanya dilakukan secara uji coba terbatas menggunakan desain penelitian one group
pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) hasil validasi kelayakan
penuntun praktikum oleh tiga orang ahli sains menunjukan kriteria valid tanpa revisi
dengan tingkat pencapaian sebesar 83%. 2) Penuntun praktikum mampu membantu
siswa dalam pencapaian kompetensi, siswa menjadi lebih aktif bertanya, berdiskusi
dengan baik, antusias mengikuti pembelajaran, berani mengemukakan pendapat serta
lebih aktif pada saat praktikum. 3) efektif membantu guru dalam proses praktikum
dibuktikan dengan hasil rata-rata tanggapan guru sebesar 99% (sangat baik). 4) bahan
ajar sensitif dalam pembelajaran dan melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada
materi jamur dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,39 (sedang).
Kata Kunci : Penuntun praktikum, kemampuan berpikir kritis, jamur
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain