Skripsi Biologi
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Menggunakan Model Jigsaw dengan Mind Mapping
Nurfitria Oktaviani. 036109037. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem
Menggunakan model Jigsaw dengan Mind mapping Di kelas X SMA NEGERI 1
CIGUDEG. Skripsi. Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Surti
Kurniasih M.Si dan Bapak Drs.Eka Suhardi M.Si
Jigsaw adalah model pembelajaran yang mengedepankan hasil belajar kelompok
dalam pembelajaran sehingga siswa mampu saling membantu dalam kegiatan
pembelajaran. Mind Mapping adalah teknik pembelajaran yang mengedepankan potensi
kerja otak dalam mengembangkan dan memadukan gaya belajar yang imajinatif dan
menyenangkan agar mendapatkan hasil pembelajaran yang optimal. Materi yang dipilih
ialah Ekosistem, pemilihan materi ini diharapkan memberikan hasil yang optimal
ditambah dengan kombinasi dari model dan teknik pembelajaran yang bertujuan untuk
menghasilkan hasil belajar siswa dengan belajar bermakna dalam kelompok belajar yang
heterogen untuk pemecahan masalah dalam ruang lingkup Ekosistem.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research). Duaksanakan secara kolaborasi antara peneliti, observer, dan objek yang
diieliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa.
Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA NEGERI 1 Cigudeg pada bulan bulan April-Juni
2013.
Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat 4
tahapan,yaitu Perencanaan Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi.
Di akhir setiap siklus dilaksanakan tes dengan instrumen yang telah diuji validitas dan
reliabilitasnya.
Hasil persentase pencapaian KKM sebelum tindakan sebesar 28,57% dengan nilai
rata-rata 60,00, setelah di lakukannya tindakan, persentase pencapaian KKM pada siklus
1 menjadi 52% dengan nilai rata-rata 67,48 dan pada siklus 2 persentase pencapaian
KKM meningkat menjadi 85,7% dengan nilai rata-rata 80,57. Dengan demikian dapat
dijelaskan bahwa penggunaan model Jigsaw dengan Mind Mapping dapat meningkatkan
hasil belajar siswa untuk mengajarkan kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan lingkungan. Berdasarkan hasil yang dicapai dapat disimpulkan bahwa
penerapan pembelajaran kooperatif dengan model pembelajaran Jigsaw dengan Mind
Mapping dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa di kelas X SMA NEGERI 1
Cigudeg.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Mind Mapping, Hasil Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain