Skripsi PGSD
Motivasi Berprestasi Siswa Yang Mengikuti Bimbingan Belajar : Penelitian Komparatif di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Ridogalih 01, Ridogalih 02, dan Ridogalih 03 Kabupaten Bekasi Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021.
Eli Octaviani, 037116085. Motivasi Berprestasi Siswa Yang Mengikuti
Bimbingan Belajar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020.
Penelitian ini menerapkan Penelitian Kuantitatif dengan metode Komparatif.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi
berprestasi siswa yang mengikuti bimbingan belajar serta mengetahui
perbedaan motivasi berprestasi siswa yang mengikuti dan yang tidak
mengikuti bimbingan belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ridogalih
01, Ridogalih 02 dan Ridogalih 03 Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi
pada siswa kelas V tahun pelajaran 2020/2021. Data diperoleh untuk
mengetahui motivasi berprestasi siswa yaitu dengan menggunakan
kuisioner skala Likert. Teknis analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat
analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilakukan uji
hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa uji normalitas kedua sampel berdistribusi normal
karena nilai Lhitung ≤ Ltabel. Kemudian uji homogenitas didapatkan nilai Fhitung
0,9256 ≤ Ftabel 1,54 maka kedua kelompok berasal dari populasi yang
bersifat homogen. Hasil uji kecenderungan menunjukkan kecenderungan
motivasi berprestasi siswa yang mengikuti bimbingan belajar pada kategori
sangat tinggi dan kecenderungan motivasi berprestasi siswa yang tidak
mengikuti bimbingan belajar pada kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis
menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,3788) > ttabel
(1,97897) dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,62486 yang berarti
tingkat perbedaan tergolong kuat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,
maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi berprestasi
siswa antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti bimbingan belajar.
Kata Kunci: Motivasi Berprestasi, Bimbingan Belajar
2020SPGSD0049.C1 | 49 OCT | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain