Skripsi Indonesia
HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DISKUSI SISWA KELAS IX SMP ISLAM CIJERUK KABUPATEN BOGOR
Siti Hardiyani Astuti: Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dengan
Keterampilan Menulis Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP Islam Cijeruk
Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pnedidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis,
ketarampilan menulis teks diskusi, serta hubungan antara kemampuan berpikir
kritis dengan keterampilan menulis teks diskusi siswa kelas IX SMP Islam
Cijeruk Kabupaten Bogor. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IX
SMP Islam Cijeruk Kabupaten Bogor dengan sampel penelitian sebanyak 40
siswa kelas IX tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini mengggunakan tes uraian kemampuan berpikir kritis dan tes
keterampilan menulis teks diskusi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
dan juga analisis statistik. Hasil deskripsi data menunjukan kemampuan berpikir
kritis siswa dapat dikatakan berkategori cukup baik dengan rata-rat nilai 72 dan
keterampilan menulis teks diskusi siswa juga berada pada kategori cukup baik
dengan rata-rata nilai 71. Hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus
korelasi Product Moment Pearson dapat diketahui tigkat hubungan antara
kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menulis teks diskusi diperoleh nilai
koefisien korelasi sebesar 0,827. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan
dengan kategori sangat kuat antara kemampuan berpikir kritis dengan
keterampilan menulis teks diskusi siswa Kelas IX SMP Islam Cijeruk Kabupaten
Bogor.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Keterampilan Menulis, Diskusi
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain