Text
Perilaku Hiperaktif Dan Faktor Penyebabnya. Studi Kasus Dengan Penelitian Kualiatif Pada Anak Hiperaktif Kelas III di Sekolah Dasar Negri Perwira Bogor Semester Genap Tahun Pembelajaran 2022/2023
Dinda Sifa. 037119076. Perilaku Hiperaktif dan Faktor Penyebabnya.
Warga negara berhak memperoleh pendidikan yang tercantum dalam
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan
nasional pasal 5 ayat 1 yang menjelaskan pendidikan yang bermutu
berhak dimiliki oleh setiap warga negara. Artinya, kesempatan sama juga
dimiliki oleh siswa berkebutuhan khusus dalam memperoleh pendidikan.
Hiperaktif memiliki perilaku yang ditandai dengan karakteristik seperti
kebiasaan beranjak dari tempat duduk saat pembelajaran atau di luar
pembelajaran, Hiperaktif dan Faktor Penyebabnya di SDN Perwira Kota
Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui
pendekatan deskriptis. Subjek penelitian ini merupakan seorang anak laki-
laki Hiperaktif kategori ringan Hiperakti kelas III di SDN Perwira Kota
Bogor. Data pada penelitian ini dilaksanakan dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
Perilaku Hiperaktif dan Faktor Penyebabnya pada anak Hiperaktif di SDN
Perwira Kota Bogor. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa
perilaku hiperaktif berjalan cukup baik. Subjek dapat melakukan kontak
sosial dan mampu berkomunikasi dengan baik. Anak hiperaktif cenderung
sulit bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Hal tersebut
dikarenakan anak hiperaktif sulit untuk dikendalikan emosinya. Guru harus
sabar menangani anak hiperaktif. Anak hiperaktif merupakan tipe anak
yang tidak suka dipaksa, hal tersebut bisa membuat mereka takut dan
menjauh. Memberikan waktu untuk bersenang-senang kepada anak
hiperaktif sementara waktu adalah kuncinya, yang penting tidak
mengganggu teman lainnya yang sedang belajar.
Kata Kunci : Perilaku, Hiperaktif.
2023SPGSD0064.C1 | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain