Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia : Pendekatan Penelitian Eksperimen Quasi pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pengadilan 2 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.
Maurida Fairuz Dwi Tamara Puteri, 037118079. Pengaruh Penerapan
Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Animasi Terhadap
Hasil Belajar Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022. Penelitian ini adalah penelitian
eksperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model Problem Based Learning berbantu media video animasi terhadap
hasil belajar subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia. Penelitian
ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 2 Kota Bogor Kelas
IV A, dan IV B pada bulan Juni sampai semester genap. Perhitungan NGain model Problem Based Learning berbantu media video animasi
sebesar 74 dengan kriteria tinggi dan ketuntasan hasil belajar 83%, nilai NGain model konvensional sebesar 62 dengan kriteria sedang dan
ketuntasan hasil belajar 66,7%. Hasil pengujian hipotesis menyatakan
bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, karena hasil perhitungan thitung (7,0257)
> ttabel (2,01290). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh dari penerapan model Problem Based Learning berbantu media
video animasi terhadap hasil belajar subtema pemanfaatan kekayaan alam
di Indonesia. Model pembelajaran yang sangat efektif untuk digunakan
pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia yaitu model
Problem Based Learning berbantu media video animasi
Tidak tersedia versi lain