Text
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Daring (Online) Terhadap Motivasi Belajar. (Penelitian Kausal Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negri Situ Pete Kota Bogor Semester Gasal Tahun pembelajaran 2022/2023)
Ayi Junelni.037116049. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Daring (Online) terhadap Motivasi Belajar pada peserta didik kelas IVA, IVB, dan IVC Sekolah Dasar Negeri Situ Pete Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universtitas Pakuan Bogor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Media Pembelajaran Daring (Online) terhadap Motivasi Belajar. Penelitian ini merupakan studi kausal, subyek penelitian ini berjumlah 90 peserta didik kelas IVA, IVB dan IVC Sekolah Dasar Negeri Situ Pete Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor. Kemudian diambil sampel sebanyak 40 peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk Media Pembelajaran Daring (Online) dan Motivasi Belajar. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan Uji reliabilitas menggunakan rumus AlphaCronbach. Hasil pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung = 0,885 < Ltabel = 0,4 yang berdistribusi normal. Pada pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung = 1,27 < Flabel = 4,08 yang bersifat homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara Media Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,96 yang dikategorikan sangat tinggi. Adanya pengaruh yang fungsional antara Media Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar dinyatakan melalui persamaan regresi Ý = 20,1 + 1,23x dengan koefisien determinasi r² = 0,9216 yang menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Daring berkontribusi sebesar 92,16% terhadap Motivasi Belajar, sedangkan 7,84% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Media Pembelajaran Daring (Online), Motivasi Belajar, Kausal
2022SPGSD0137.C1 | 137 JUN | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain