Skripsi PGSD
Pengaruh Literasi Baca Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh antara Literasi baca dengan Hasil Belajar tema 7 peristiwa
dalam kehidupan Subtema 1 peristiwa kebangsaan masa
penjajahan. Penelitian ini merupakan studi kausal, subyek penelitian
ini berjumlah 89 peserta didik kelas VA, VB, dan VC Sekolah Dasar
Negeri Julang Kota Bogor kecamatan Tana Sareal. Sampel
penelitian sebanyak 47 peserta didik. Pengambilan data dilakukan
dengan menggunakan kuisioner angket dan soal pilihan ganda
berupa skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh literasi baca terhadap hasil belajar tema 7 peristiwa dalam
kehidupan Subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan
ditunjukkan dengan analisis stistika yang menghasilkan Koefisien
korelasi (rxy) sebesar 0,48. Nilai koefisien determinasi (r2) sebesar
0,2304 atau sebesar 23,04%. Sisahnya sebanyak 76,96% ditentukan
oleh factor lain. Rata-rata hasil belajar tema 7 peristiwa dalam
kehidupan Subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan
sebesar 23,04% ditentukan oleh literasi baca melalui persamaan
regresi Y = 40,7 +0,28X, artinya setiap kenaikan unit nilai literasi
baca akan menyebabkan peningkatan pada hasil belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh
yang positif antara literasi baca terhadap hasil belajar tema 7
peristiwa dalam kehidupan Subtema 1 peristiwa kebangsaan masa
penjajahan pada kelas V Sekolahh Dasar Negeri Julang Pelajaran
2022/2023.
Kata kunci ; Literasi Baca,Hasil Belajar, Peristiwa Kebangsaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain