Skripsi PGSD
Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Pada Kelas V Tema 7 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.
Media pembelajaran merupakan salah satu bagian yang penting dalam kegiatan
pembelajaran. Saat ini media pembelajaran yang digunakan oleh guru masih
menggunakan media pembelajaran yang kurang dapat menarik minat belajar
siswa karena hanya berfokus dengan satu media pembelajaran buku cetak saja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran
animasi berbasis animaker pada siswa kelas V tema 7 subtema 1 peristiwa
kebangsaan masa penjajahan SDN Cilebut 3 Kabupaten Bogor serta mengetahui
kelayakan media video animasi berbasis animaker terhadap proses
pembelajaran. Metode yang digunakanan dalam penelitian ini yaitu
menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE.
Pada penelitian ini telah dilakukan uji validasi kepada beberapa para ahli
dibidang media, bidang bahasa, dan bidang materi untuk mengembangkan serta
menyempurnakan produk video animasi menggunakan animaker kepada siswa.
Hasil data dari validasi ahli media 97,5% yang artinya e-modul sangat layak
untuk di uji cobakan. Ahli bahasa diperoleh hasil 84% yang artinya dinyatakan
sangat layak dan hasil dari ahli materi 92,7% yang dimana dinyatakan sangat
layak untuk di uji cobakan. Serta berdasarkan uji coba yang telah dilakukan
kepada siswa kelas V sebanyak 39 siswa memperoleh nilai yang layak untuk
digunakan pada proses pembelajaran sebesar 88,30%, serta uji coba yang telah
dilakukan kepada guru sebesar 96%, dan hasil nilai tes evaluasi mendapat nilai
rata-rata siswa 82,20 dari KKM 75, mendapat presentase keberhasilan siswa
dalam mengerjakan soal tes sebesar 92,30% yang dimana artinya produk E-
Modul menggunakan flipbook ini sangat layak untuk digunakan dalam proses
pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan, Video Animasi, Animaker.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain