Text
Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi Non- Akademik
Alvira Shofi Sekarsari. 037119023. Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi
Non-Akademik Di Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2023.
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif. Tujuan utama dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa berprestasi
secara non-akademik di Sekolah Dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas V A di SDN Polisi 1 Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023.
Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa kebiasaan belajar pada
salah satu siswa berprestasi non-akademik di SDN Polisi 1 Semester
Genap Tahun Ajaran 2022/2023 memiliki kebiasaan belajar yang sangat
baik ketika proses pembelajaran berlansung pada saat di rumah maupun di
sekolah. Siswa berprestasi non-akademik merupakan siswa yang
berprestasi juga di bidang akademik. Siswa berprestasi non-akademik
memiliki jadwal belajar yang teratur, disiplin dalam belajar sejak dini,
membuat catatan pelajaran yang telah dipelajari dengan tulisan rapih dan
terstruktur, menggunakan waktu kosong untuk menyelesaikan tugas,
memiliki fasilitas yang mendukung pembelajaran, ruang belajar yang
nyaman baik di sekolah maupun di rumah, motivasi dan apresiasi yang
diberikan oleh keluarga serta guru di sekolah dan senang berdiskusi
dengan teman di kelasnya. Semua kebiasaan belajar yang baik pada siswa
berprestasi non-akademik terjadi karena adanya bimbingan ketika
melakukan pembelajaran yang dilakukan oleh orang tua maupun guru,
sehingga hal inilah yang membuat siswa berprestasi dan menjadi siswa
unggulan dalam bidang non-akademik maupun bidang akademik.
Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Prestasi Non-Akademik
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain