Text
PENGARUH INTENSITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Yeni Krismiyati 037116008. Pengaruh Intensitas Belajar Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausal. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar
matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V
Sekolah Dasar Negeri Cihideung Ilir 04 Kecamatan Ciampea Kabupaten
Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 105
siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 52 siswa, yang diperoleh
menggunakan rumus Taro Yamane. Pengujian persyaratan analisis
berupa uji normalitas liliefors dan homogenitas dengan uji fisher. Teknik
analisis regresi dan uji korelasi Product Moment Pearson persamaan
regresi yaitu Ŷ = 39,79 + 0,27 (x), dengan harga 3,560 > (0,05)
2,008 dan diperoleh nilai kausal sebesar 0,416 yang termasuk pengaruh
kategori yang sedang dengan konstribusi sebesar 41,6%. Berdasarkan
hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
positif antara intensitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: Intensitas Belajar, Hasil Belajar
2021SPGSD0156.C1 | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain