Text
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku.
v
ABSTRAK
Intan Amalia, 037118068. Pengaruh Penerapan Model Problem Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Bangga Terhadap Daerah
Tempat Tinggalku. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen quasi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil
belajar subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku. Penelitian ini
dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cimanggis 02 Kabupaten bogor
Kelas IV A, san IV B pada bulan Mei sampai semester genap. Perhitungan
N-Gain model Problem Based Learning sebesar 70 dengan kiteria tinggi
dan ketuntasan hasil belajar 83%, nilai N-Gain model konvensional sebesar
37 dengan kriteria sedang dan ketuntasan hasil belajar 70%. Hasil
pengujian hipotesis menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, karena
hasil perhitungan thitung (5,8718) > ttabel (2,00172). Berdasarkan hasil
penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model
Problem Based Learning terhadap hasil belajar subtema bangga terhadap
daerah tempat tinggalku. Model pembelajaran yang sangat efektif untuk
digunakan pada subtema bangga terhadap daerah tempat tinggalku yaitu
model Problem Based Learning.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain