Text
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia.
Sofia Muhammad Afiff. 037117059. Pengaruh ”Pengaruh Penerapan Model
Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 3 Cara
Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia”. Pendekatan
yang diambil adalah eksperimen kuasi desain dua grup di Sekolah Dasar
Negeri Ciomas 04. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan siswa
kelas V B Sekolah Dasar Negeri Ciomas 04 Kabupaten Bogor yang terdiri
dari 61 siswa, penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun
pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap
Hasil Belajar Subtema Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran
Darah Manusia”. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas
eksperimen sebesar 79, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan
nilai N-Gain sebesar 65. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok
eksperimen sebesar 100%, sedangkan pada kelompok kelas kontrol
sebesar 0%. Kemudian hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha
diterima karena thitung (3,557692) > ttabel (2,391229). Dengan ini dapat
disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan
antara “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap
Hasil Belajar Subtema Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran
Darah Manusia”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan
pengetahuan baru mengenai penerapan model pembelajaran yang inovatif
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning.
2022SPGSD0140.C1 | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain