Skripsi Indonesia
Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Menggunakan Aplikasi Capcut Pada Siswa Kelas VIII Smp Pgri 6 Bogor
i
ABSTRAK
Rifaini Fauziyah Subagja. 032120024. Pengembangan Media
Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Menggunakan Aplikasi CapCut pada
Peserta didik Kelas VIII SMP PGRI 6 Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan.
Bogor. Di bawah bimbingan Rina Rosdiana, M.Pd. dan Ainiyah Ekowati,
M.Pd.
Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan dan teknologi terus
mengalami kemajuan. Perkembangan teknologi ini memberikan dampak yang
signifikan pada sektor pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, untuk
memaksimalkan perkembangan teknologi, media pembelajaran yang
diperlukan di era ini adalah media pembelajaran berbasis digital. Saat ini,
media pembelajaran yang digunakan di SMP PGRI 6 Bogor masih bersifat
konvensional, yaitu metode yang cenderung pasif dan satu arah, sehingga
dibutuhkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menulis teks persuasi
menggunakan aplikasi CapCut pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 6
Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
dan pengembangan (research and development), yang mengadaptasi model
pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu analysis,
design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi dari ahli media, ahli
bahasa, ahli materi, angket respon dari peserta didik dan guru, serta uji N-gain.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa validasi ahli media mencapai
90%, dengan kategori “sangat layak”, Validasi ahli bahasa mencapai 94%,
dengan kategori “sangat layak”, Validasi ahli materi mencapai 98%, dengan
kategori “sangat layak”. Angket respon peserta didik menunjukkan nilai
80,46%, dengan kategori “efektif”. Angket respon guru menunjukkan nilai
97%, dengan kategori “sangat efektif”. Hasil uji N-gain terhadap hasil belajar
peserta didik, yang diukur dengan pre-test dan post-test, menunjukkan nilai
0,77 dengan kriteria tinggi, mengindikasikan adanya peningkatan signifikan
dalam hasil belajar. Peningkatan nilai rata-rata peserta didik setelah
penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi CapCut menunjukkan
tingkat keefektifan sebesar 77%, dengan kategori “efektif”. Berdasarkan hasil
penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran
menulis teks persuasi menggunakan aplikasi CapCut layak digunakan sebagai
salah satu media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di kelas VIII
SMP PGRI 6 Bogor.
Kata kunci: media pembelajaran, teks persuasi, CapCut, metode (R&D).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain