Skripsi Indonesia
Analisis Kesalahan Ejaan Pada Butir Soal penilaian Tengah Semester Ganjil Siswa Kelas VII Mts Sirojulkamal Situdaun Kabupaten Bogor
vi
ABSTRAK
Fidia Fauziah, 2022. Analisis Kesalahan Ejaan Pada Butir Soal Penilaian
Tengah Semester Ganjil Siswa Kelas VII MTs Sirojulkamal Situdaun
Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan ejaan pada butir soal
penilaian tengah semester ganjil siswa kelas VII MTs Sirojulkamal Situdaun
Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode
deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi
pustaka. Sumber data penelitian berupa kutipan pada butir soal. Fokusnya adalah
Kesalahan Ejaan Pada Butir Soal Penilaian Tengah Semester Ganjil Siswa Kelas
VII MTs Sirojulkamal Situdaun Kabupaten Bogor. Subfokus adalah bentuk
kesalahan penggunaan huruf kapital, huruf miring, penulisan kata depan (di, ke,
dari), dan bentuk kesalahan penggunaan tanda baca (.), tanda koma (,), tanda seru
(!), dan tanda ellipsis (…). Kesalahan penggunaan ejaan pada umumnya sering
terjadi pada saat penulisan suatu kata atau suatu kalimat yang digunakan tidak
sesuai dengan ejaan dalam PUEBI. Ketidaktepatan dalam menyusun butir soal
dapat mengganggu suatu sistem yang dibuat untuk menilai bagaimana butir soal
dapat memberikan informasi mengenai kemampuan para siswa dalam proses
pembelajaran yang digunakan untuk menilai efektifitas pada butir soal.
Kata Kunci: Analisis kesalahan, ejaan, butir soal
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain