Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Game Dalam Meningkatklan keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Smp Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Game Dalam Meningkatklan keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Smp Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor

Sanusi, Kurnia/032114140 - Nama Orang;

i
ABSTRAK
Kurnia Sanusi: Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Game dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP
Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor
2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan menulis teks
cerita fantasi kelas VII SMP Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor serta mengetahui
kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks cerita fantasi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu tes, angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu
siswa kelas VII SMP Sejahtera 4 Dramaga. Sampel penelitian ini adalah kelas VII.2
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel
cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan media video animasi
berbasis game dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada
siswa kelas VII SMP Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor dapat teruji
kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya tes awal kelas
eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 59,00 dapat diketahui keterampilan siswa
kurang mampu dalam menulis teks cerita fantasi, sedangkan tes akhir rata-rata kelas
eksperimen dalam menulis teks cerita fantasi meningkat menjadi 74,90 dengan taraf
kemampuan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol
dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh thitung= 3,34 dan db = 58 dengan t taraf
dituliskan menjadi signifikan karena nilai ttabel


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
108 SAN
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
xii
Klasifikasi
108 SAN a 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan Menulis
Tek Cerita fantasi
Media Vidio Animasi Berbasis Game
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. Tri Mahajani, M.Pd. Dan Dr. Sandi Budiana, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?