Skripsi Indonesia
Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Game Dalam Meningkatklan keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Smp Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor
i
ABSTRAK
Kurnia Sanusi: Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Game dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP
Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor
2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan menulis teks
cerita fantasi kelas VII SMP Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor serta mengetahui
kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis teks cerita fantasi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu tes, angket dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu
siswa kelas VII SMP Sejahtera 4 Dramaga. Sampel penelitian ini adalah kelas VII.2
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel
cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan media video animasi
berbasis game dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada
siswa kelas VII SMP Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor dapat teruji
kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya tes awal kelas
eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 59,00 dapat diketahui keterampilan siswa
kurang mampu dalam menulis teks cerita fantasi, sedangkan tes akhir rata-rata kelas
eksperimen dalam menulis teks cerita fantasi meningkat menjadi 74,90 dengan taraf
kemampuan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol
dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh thitung= 3,34 dan db = 58 dengan t taraf
dituliskan menjadi signifikan karena nilai ttabel
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain