Skripsi PGSD
Pengaruh Minat Belajar terhadapHasil Belajar bahasa Sunda Pada Siswa Di sekolah Dasar ( Pendekatan Penelitian Kuantitatif Kausal Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negri Bojong Gede 06 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun pelajaran 2024/2025 )
vii
A
BSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh minat belajar
terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa sunda
di Sekolah Dasar Negeri 06 Bojonggede Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan
metode kausal.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa SD N
egeri 06
bojonggede sebanyak 96
siswa. Sedangkan sampel
pada
penelitian ini
adalah
total sampling dimana
siswa kelas IVA dan IVB sebanyak 70
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi (pengamatan),
kuesi
oner (angket), dan dokumentasi yang
mendata jumlah siswa. Angket
digunakan untuk mengungkap pengaruh variabel minat belajar terhadap
hasil belajar siswa.
Hasil penelitian mengukapkan bahwa antara variabel minat belajar
terhadap hasil belajar siswa
sangat
berpengaruh positif secara signifikan.
Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan
rumus korelasi
product moment. Dengan hasil
sebesar 0,421 dibandingkan dengan rtabel
tingkat signifikan 5% N=70 sebesar 0,279. Jadi rhitung
lebih
besar dari
r
tabel
, Dari hasil analisis uji t diketetahui bahwa ada pengaruh yang
signifikan variabel (X) minat belajar dan (Y) hasil belajar. Hal ini dibuktikan
dengan hasil perhitungan uji t sebesar 3,214, sedangkan pada t
tabel
adalah
1,667 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu
juga diperoleh per
samaan regresi Y=69,945+0,748X. Sehingga
Ada
Pengaruh antara minat belajar Terhadap hasil belajar bahasa sunda siswa
di s
ekolah dasar SDN Bojonggede 06.
artinya jika semakin tinggi siswa
minat senang dengan pelajaran bahasa sunda ma
ka tinggi juga hasil
belajarnya.
Kata kunci:
Minat belajar,
hasil belajar, Bahasa Sunda
2025SPGSD03 | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain