Skripsi PGSD
Pengaruh Minat Belajar terhadapHasil Belajar bahasa Sunda Pada Siswa Di sekolah Dasar : Pendekatan Penelitian Kuantitatif Kausal Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negri Bojong Gede 06 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar
terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa sunda
di Sekolah Dasar Negeri 06 Bojonggede Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan
metode kausal. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SD Negeri 06
bojonggede sebanyak 96 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini
adalah total sampling dimana siswa kelas IVA dan IVB sebanyak 70
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan),
kuesioner (angket), dan dokumentasi yang mendata jumlah siswa. Angket
digunakan untuk mengungkap pengaruh variabel minat belajar terhadap
hasil belajar siswa.
Hasil penelitian mengukapkan bahwa antara variabel minat belajar
terhadap hasil belajar siswa sangat berpengaruh positif secara signifikan.
Sedangkan analisis data penelitian ini menggunakan rumus korelasi
product moment. Dengan hasil sebesar 0,421 dibandingkan dengan rtabel
tingkat signifikan 5% N=70 sebesar 0,279. Jadi rhitung lebih besar dari
rtabel, Dari hasil analisis uji t diketetahui bahwa ada pengaruh yang
signifikan variabel (X) minat belajar dan (Y) hasil belajar. Hal ini dibuktikan
dengan hasil perhitungan uji t sebesar 3,214, sedangkan pada ttabel adalah
1,667 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa Ha diterima. Selain itu
juga diperoleh persamaan regresi Y=69,945+0,748X. Sehingga Ada
Pengaruh antara minat belajar Terhadap hasil belajar bahasa sunda siswa
di sekolah dasar SDN Bojonggede 06. artinya jika semakin tinggi siswa
minat senang dengan pelajaran bahasa sunda maka tinggi juga hasil
belajarnya.
Kata kunci: Minat belajar, hasil belajar, Bahasa Sunda.
Tidak tersedia versi lain