Skripsi PGSD
Analisis Karakter Disiplin Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Deskriptif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Bojong 01 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021
Nova Kurnia Putri 037116196 Analisis Karakter Disiplin Belajar
Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Pakuan 2022. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakter
disiplin belajar Siswa kelas IV . Bertempat di Sekolah Dasar Negeri
Bojong 01 Kabupaten Bogor dilaksanakan pada Semester Genap
Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu
Siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument berupa
pedoman pertanyaan wawancara dan pedoman observasi. Analisis
data meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil
penelitian berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa
karakter disiplin belajar yang diterapkan oleh siswa kelas IV SDN
Bojong 01 antara lain menyelesaikan tugas dan aturan-aturan yang
sudah dibuat dan disepakati bersama siswa yang memiliki tingkat
kedisiplinan yang tinggi selalu memperoleh nilai yang sangat baik.
Dapat diperoleh bahwa subjek yang dinilai memiliki karakter disiplin
mampu memenuhi aspek disiplin tepat waktu dalam hal
pembelajaran dan pengumpulan tugas ataupun masuk sekolah,
disiplin aturan berseragam, disiplin kerapihan dan aturan kelas.
Sedangkan subjek yang memiliki karakter disiplin yang rendah
belum mampu memenuhi subjek disiplin dalam mengerjakan dan
mengumpulkan tugas tepat waktu, disiplin kerapihan, disiplin aturan
berseragam, tertib aturan kelas.
Kata kunci : Karakter disiplin belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain