Skripsi PGSD
Hubungan Antara Minat Baca Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. ( Studi ini Dengan Pendekatan Korelasi di kelas V Sekolah Dasar Negri Leuwiliang 04 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2016/2017.
Eva Muslimah. 037112289. Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Kuantitatif Studi Korelasional. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara minat baca dengan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Leuwiliang 04. Desa Leuwiliang. Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Hubungan Antara Minat Baca Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SD Negeri Leuwiliang 04, Desa Leuwiliang. Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2016. Subyek penelitian ini adalah 75 siswa kelas V SD Negeri Leuwiliang 04, Desa Leuwiliang, Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata dari nilai minat baca adalah 84,8 sedangkan hasil belajar memiliki rata-rata 71,2 dengan demikian hubungan minat baca dengan hasil belaajar bahasa Indonesia secara analisis statistik ditunjukkan dengan hasil uji signifikansi dan regresi dengan persamaan regresi Y = -83,90 + 1,83 (x). Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu nilai variabel minat baca akan terjadi kenaikan pada hasil belajar bahasa Indonesia sebesar 1,83 unit. Kekuatan hubungan minat baca dengan hasil belajar bahasa Indonesia ditunjukkan dengan koefisien korelasi dengan nilai r sebesar 0,92 yang berarti memiliki hubungan yang sangat kuat. Besarnya kontribusi minat baca terhadap hasil belajar ditunjukkan oleh koefisien (r2) sebesar 0,85 dengan koefisien determinasi sebesar 85%. Hal tersebut berarti bahwa penaikan atau penurunan hasil belajar dipengaruhi oleh minat baca sebesar 85% sedangkan sisanya 15% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hubungan anta minat baca dengan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada sis kelas V SD Negeri Leuwiliang 04 memiliki hubungan yang sangat kuat. Kata Kunci: minat baca, hasil belajar bahasa Indonesia.
2016SPGSD0248.C1 | 248 MUS | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain