Skripsi Indonesia
Penerapan Aplikasi EDMODO Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII Smp Bhakti Insani Bogor
Muhamad Rizqi Pratarna. Penggunaan Aplikasi Edmodo dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kolas VIII SMP
BHAKTI INSANI Bogor. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi Edmodo dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dan rnengetahui kendala siswa
kelas VIII SMP BHAKTI INSANI Bogor. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP BHAKTI INSANI Bogor, dan sampel penelitian ini adalah kelas
VIII - A. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan teknik tes dan
angket.tes digunakan untuk rnengetahui kemampuan siswa dalam keterampilan
menulis teks eksposisi. Dan angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami
siswa dalam pembelajaran teks eksposisi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan siswa menulis teks eksposisi rnengalami peningkatan. Hal tersebut
dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata prates kelas eksperimen 43,88. Sernentara
itu nilai rata-rata pastes kelas eksperimen yaitu 87,02 Adapun di kelas kontrol nilai ratarata
prates yakni 42,38. Sedangkan nilai rata-rata postesnya 78,64. Berdasarkan dari
hasil perhitungan mean , harga thitung= 2,9 dengan hasil d.b = 60. Dilakukan uji pada
tabel "t" bahwa nilai d.b = 60 diperoleh dengan t0,99 = 2,39 dan t095 = 1.67.
Dengan demikian thitung lebih besar daripada ttabe atau thitung signifikan yaitu
(2,391,67). Hasil tersebut menyatakan bahwa penggunaan aplikasi Edtnodo
dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP
BHAKTI INSANI Bogor .Terdapat kendala yang pertama yaitu 19 siswa (61%)
dalam menentukan ciri-ciri teks eksposisi Selanjutnya ,peserta didik mengalami
kendala dalam hal menentukan kaidah kebahasaan teks eksposisi Terdapat 19
siswa (61%). Dan kendala selanjutnya, siswa mengalami kendala dalam menentukan
pronornina dalam teks eksposisi terdapat 17 siswa (54%). Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Edmodo dalam keterampilan menulis
teks eksposisi pada siswa kelas VIII SMP BHAKTI INSANI Bogor, meskipun
siswa masih mengalami kendala.
Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Teks Eksposisi, Aplikasi Edmodo.
1810 | 56 PRA | Rak Skripsi Indonesia | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain