Skripsi PGSD
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaran : Studi ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Teratai Mas Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018.
Aldi Faza Mahardika, NPM. 037113038. Penerapan Model Pembelajaran
Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Teratai Mas
Kab.Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara
kolaboratif antara peneliti dan kolabolator. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk memperbaiki proses pelaksanaan oembelajaran dan untuk
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan dengan materi Peraturan Undang-undang Pemerintah
Pusat dan Daerah kelas V melalui model Pembelajaran Snowball
Throwing. Objek penelitian ini adalah siswa SDN Teatai Mas kelas V A
yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil
tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai ratarata mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siklus I
memperoleh ketuntasan hasil belajar 66,9, hasil belajar siklus II
memperoleh ketuntasan hasil belajar 88,0. Sedangkan proses perbaikan
pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebesar 63,4
dan pada siklus II meningkat menjadi 88,5. Begitu pula dengan hasil
observasi perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada perilaku
siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 74,1,
sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 87,3. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Snowball
Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Teratai
Mas Kab.Bogor. Selain itu model pembelajaran Snowball Throwing dapat
memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan
keaktifan, kerjasama dan keberanian siswa dalam proses pembelajaran.
2017SPGSD0331.C1 | 331 MAH | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain