Skripsi PGSD
Pengembangan Bahan Ajar Flashcard Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca BAB 3 Pengobar Semangat : Pendekatan Penelitian Research And Development (R&D) Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Negeri Situ Gede 4 Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025
Putri Syailen Apriandini. 037120106. “Pengembangan Bahan Ajar Flashcard Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Bab 3 Pengobar Semangat Pada Materi ‘Menerima Kegagalan Dan Bangkit Lagi’ untuk peserta didik kelas III di SDN Situ Gede 4 Kota Bogor”. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sebanyak 37 peserta didik kelas III ditetapkan sebagai subjek uji coba untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektifitas bahan ajar yang dirancang. Validasi bahan ajar dilaksanakan oleh tiga ahli, yakni ahli media, ahli bahasa, ahli materi, dengan hasil validasi ahli media sebesar 90,66%, hasil validasi ahli bahasa sebesar 94,66%, hasil validasi materi sebesar 94% dengan rata-rata hasil 92,66% yang termasuk pada kriteria “Sangan Layak” diperkuat dengan perolehan skor N-Gain mencapai 0,83, dengan kategori “Tinggi”. Demikian pula dengan hasil koesioner hasil respon guru sebesar 100% dan hasil uji coba menunjukan skor rata-rata 98,3% dari peserta didik. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar flashcard yang disusun menggunakan aplikasi canva sangat efektif dan praktis dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, serta mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Flashcard, Canva, Pengobar Semangat.
2025SPGSD01 | 17 APR | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain