Text
Penerapan Metdoe Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Dan Kterampilan
Fajar Maulana 037113300 Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Dan Keterampilan di Sekolah Dasar Negeri Kramat Raya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2018. Penelitian ini dengan desain dan model penelitian tindakan kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui model penelitian Demonstrasi Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Kramat Raya kelas V yang terdiri dari 36 siswa, dengan kompesisi 14 siswa perempuan dan 22 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun pelajaran 2018-2019. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan materi tentang gambar ilustrasi pada siklus I memperoleh 67,46 atau ketuntasan hasil belajar 55,56%, sedangkan hasil belajar pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 80,69 atau ketuntasan hasil belajar 88,89%. Begitu pula dengan kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 83,03 dan siklus Il menjadi 88,18. Sedangkan hasil observasi perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 75 dan siklus II 85,64. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Kramat Raya Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Selain itu, model pembelajaran metode Demonstrasi juga dapat meningkatkan ketelitian, kerjasama, dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran. Kata kunci Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Seni Budaya dan Keterampilan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain