Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Demonstrasi.

Verdiansyah/ 037113360 - Nama Orang;

ABSTRAK Verdiansyah, NPM. 037113360. Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas V sekolah dasar Bedahan 02. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2017. Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V melalui penerapan metode Demonstarsi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Bedahan 02 kelas V yang terdiri dari 34 siswa, dengan komposisi laki-laki 20 siswa dan perempuan 14 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus pertama memperoleh ketuntasan belajar sebesar 61,76% dengan nilai rata-rata 68 sedangkan pada siklus kedua memperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,23% dengan nilai rata- rata 86,7. Begitupula dengan observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktifitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama yaitu 69,28, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 84,07. Sedangkan pada kualitas proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,29 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 85. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan moetode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bedahan 02 Kecamatan Sawangan Kota Depok. Selain itu, metode Demonstrasi dapat meningkatkan partisipasi dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Ilmu Pengetahuan Alam.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSP) 339 VER
2017SPGSD0339.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
339 VER
Penerbit
Bogor : FKIP., 2017
Deskripsi Fisik
xiv, 244 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
339 VER p 2017
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Yuyun Elizabeth Patras, M. Pd. dan Elly Sukamanasa, M. Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?