Skripsi PGSD
Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Demonstrasi.
ABSTRAK Verdiansyah, NPM. 037113360. Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode Demonstrasi pada siswa kelas V sekolah dasar Bedahan 02. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. 2017. Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V melalui penerapan metode Demonstarsi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Bedahan 02 kelas V yang terdiri dari 34 siswa, dengan komposisi laki-laki 20 siswa dan perempuan 14 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus pertama memperoleh ketuntasan belajar sebesar 61,76% dengan nilai rata-rata 68 sedangkan pada siklus kedua memperoleh ketuntasan belajar sebesar 88,23% dengan nilai rata- rata 86,7. Begitupula dengan observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktifitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus pertama yaitu 69,28, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 84,07. Sedangkan pada kualitas proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,29 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 85. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan moetode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bedahan 02 Kecamatan Sawangan Kota Depok. Selain itu, metode Demonstrasi dapat meningkatkan partisipasi dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Ilmu Pengetahuan Alam.
2017SPGSD0339.C1 | 339 VER | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain