Skripsi PGSD
Analisis Kesulitan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar : Studi Ini Dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Al-Ghazaly Kota Bogor Semester Genap Ajaran 2022/2023.
Irza Ghozaly. 037117133.Analisis Kesulitan Membaca Siswa kelas IV. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Pakuan Bogor 2023. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan
penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis kesulitan
membaca siswa kelas IV sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini merupakan lima
siswa kelas tinggi yakni kelas IV A Sekolah Dasar AL-GHAZALY Kota Bogor.
Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan
observasi, wawancara dan juga pengumpulan data dan dokumentasi untuk
menunjang penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima siswa tersebut
kesulitan membaca. Adapun faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi
kesulitan membaca seperti rasa malas dan bosan mengikuti pembelajaran kelas,
kurangnya semangat dan motivasi dalam diri siswa. Lalu, keadaan lingkungan rumah
kurang kondusif, lingkungan sekolahnya yang terlalu berisik dikarenakan suara
kendaraan yang terlalu bising, peran orang tua yaitu kurangnya perharian orang tua
ketika siswa sedang melakukan pembelajaran di rumah karena orang tua uang sibuk
dalam bekerja sehingga kurangnya pantauan dari orang tua yang mengakibatkan
siswa tersebut sulit dalam hal membaca dan kurangnya fasilitas seperti buku panduan
membaca ataupun media-media lainnya. Meskipun peran guru sudah maksimaL
tetapi media-media pembelajarannya yang belum cukup berkembang masih
menggunakan media yang terdahulu. Keunggulan dari kelima siswa tersebut cukup
beragam unggul dalam bidang olahraga yaitu bermain bola, bermain volly, dan
bermain badminton. Selain itu ada dibidang pramuka.
Kata Kunci : Kesulitan Membaca Siswa Kelas IV
Tidak tersedia versi lain