Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Inicio
  • Información
  • Noticias
  • Ayuda
  • Bibliotecario
  • Área de miembros
  • Seleccionar idioma :
    Arábico Bengalí Portugués de Brasil Inglés Espanol Alemán Indonesio Japonés Malayo Persa Russian Thailandés Turkish Urdu

Search by :

TODO Autor Materia ISBN/ISSN Búsqueda avanzada

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda
Bookmark Share

Skripsi PGSD

Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda

Fadhilah,Wulan Agustina/037118147 - Persona;

Wulan Agustina Fadhilah. 037118147. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap
Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda, Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Pakuan Bogor, 2025. Penelitian ini merupakan penelitian
Kuantitatif dengan desain dan model Kausal. Tujuan dilakukannya
penelitan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap
Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda. Subjek penelitian ini
adalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karihkil 3 Kabupaten Bogor
Semester Ganjil Tahun pelajaran 2024/2025 berjumlah 62 responden.
Teknik pengumpulan data untuk variabel X menggunakan teknik angket dan
Teknkik pengumpulan data untuk variabel Y menggunakan teknik tes.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa koefisien korelasi (R) sebesar
0,339 atau 33,9%, sementara koefisien determinasi (R²) sebesar 0,115 atau
11,5%. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,007, yang lebih kecil dari
0,05 (0,007 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis
nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan
bahwa variabel X (disiplin belajar) memiliki hubungan dengan variabel Y
(hasil belajar) sebesar 33,9%. Selain itu, 11,5% dari variasi hasil belajar
dipengaruhi oleh kedisiplinan siswa. Berdasarkan persamaan regresi
Y=a+bX atau Y=0,578+0,166X diperoleh temuan bahwa nilai konstanta (a)
atau hasil belajar sebesar 0,578, sementara nilai koefisien disiplin belajar
(b) sebesar 0,166. Ini berarti bahwa setiap penambahan 1% pada nilai
disiplin belajar akan meningkatkan hasil belajar sebesar 0,166. Koefisien
regresi yang bernilai positif ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel X
terhadap variabel Y bersifat positif, yang berarti semakin tinggi disiplin
belajar siswa, semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Bahasa Sunda


Disponibilidad
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) Location name is not set
2025SPGSD004.C1
Disponible
Información detallada
Título de la serie
-
Localización física
04 WUL
Editorial
Bogor : FKIP Unpak., 2025
Descripción física
xviii,107 Hlm
Idioma
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Clasificación
04 WUL p 2025
Tipos de contenido
-
Tipos de medios
-
Tipos de soporte
-
Edición
-
Materia(s)
Hasil Belajar
Disiplin Belajar
Bahasa Sunda
Información específica
-
Mención de responsabilidad
Dr. Elly Sukmanasa, M.Pd. Dan Yuli Mulyawati, S.H., M.Pd.
Otra versión relacionada

No hay disponible otra versión

Archivo adjunto
  • full text
Comentarios

You must be logged in to post a comment

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Información
  • Services
  • Bibliotecario
  • Área de miembros

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Buscar

comience escribiendo una o más palabras claves para el título, autor o materia

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Idioma
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Búsqueda avanzada
Where do you want to share?