Skripsi PGSD
Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda
Wulan Agustina Fadhilah. 037118147. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap
Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda, Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Pakuan Bogor, 2025. Penelitian ini merupakan penelitian
Kuantitatif dengan desain dan model Kausal. Tujuan dilakukannya
penelitan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap
Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda. Subjek penelitian ini
adalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karihkil 3 Kabupaten Bogor
Semester Ganjil Tahun pelajaran 2024/2025 berjumlah 62 responden.
Teknik pengumpulan data untuk variabel X menggunakan teknik angket dan
Teknkik pengumpulan data untuk variabel Y menggunakan teknik tes.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa koefisien korelasi (R) sebesar
0,339 atau 33,9%, sementara koefisien determinasi (R²) sebesar 0,115 atau
11,5%. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,007, yang lebih kecil dari
0,05 (0,007 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis
nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan
bahwa variabel X (disiplin belajar) memiliki hubungan dengan variabel Y
(hasil belajar) sebesar 33,9%. Selain itu, 11,5% dari variasi hasil belajar
dipengaruhi oleh kedisiplinan siswa. Berdasarkan persamaan regresi
Y=a+bX atau Y=0,578+0,166X diperoleh temuan bahwa nilai konstanta (a)
atau hasil belajar sebesar 0,578, sementara nilai koefisien disiplin belajar
(b) sebesar 0,166. Ini berarti bahwa setiap penambahan 1% pada nilai
disiplin belajar akan meningkatkan hasil belajar sebesar 0,166. Koefisien
regresi yang bernilai positif ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel X
terhadap variabel Y bersifat positif, yang berarti semakin tinggi disiplin
belajar siswa, semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Bahasa Sunda
Tidak tersedia versi lain