Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda
Penanda Bagikan

Skripsi PGSD

Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda

Fadhilah,Wulan Agustina/037118147 - Nama Orang;

Wulan Agustina Fadhilah. 037118147. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap
Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda, Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Pakuan Bogor, 2025. Penelitian ini merupakan penelitian
Kuantitatif dengan desain dan model Kausal. Tujuan dilakukannya
penelitan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap
Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda. Subjek penelitian ini
adalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Karihkil 3 Kabupaten Bogor
Semester Ganjil Tahun pelajaran 2024/2025 berjumlah 62 responden.
Teknik pengumpulan data untuk variabel X menggunakan teknik angket dan
Teknkik pengumpulan data untuk variabel Y menggunakan teknik tes.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa koefisien korelasi (R) sebesar
0,339 atau 33,9%, sementara koefisien determinasi (R²) sebesar 0,115 atau
11,5%. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,007, yang lebih kecil dari
0,05 (0,007 < 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis
nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan
bahwa variabel X (disiplin belajar) memiliki hubungan dengan variabel Y
(hasil belajar) sebesar 33,9%. Selain itu, 11,5% dari variasi hasil belajar
dipengaruhi oleh kedisiplinan siswa. Berdasarkan persamaan regresi
Y=a+bX atau Y=0,578+0,166X diperoleh temuan bahwa nilai konstanta (a)
atau hasil belajar sebesar 0,578, sementara nilai koefisien disiplin belajar
(b) sebesar 0,166. Ini berarti bahwa setiap penambahan 1% pada nilai
disiplin belajar akan meningkatkan hasil belajar sebesar 0,166. Koefisien
regresi yang bernilai positif ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel X
terhadap variabel Y bersifat positif, yang berarti semakin tinggi disiplin
belajar siswa, semakin tinggi pula hasil belajar yang diperoleh.
Kata Kunci: Disiplin Belajar, Hasil Belajar, Bahasa Sunda


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) Belum memasukkan lokasi
2025SPGSD004.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
04 WUL
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2025
Deskripsi Fisik
xviii,107 Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
04 WUL p 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil Belajar
Disiplin Belajar
Bahasa Sunda
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Elly Sukmanasa, M.Pd. Dan Yuli Mulyawati, S.H., M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?