Skripsi PGSD
Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Statistik
Tigor Yudianto 037117188. Pengaruh Penerapan Model Discovery
Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika materi stastistika. Penelitian
ini menggunakan pendekatan eksperimen kuasi desain dua grup di
Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06 Kabupaten Bogor. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas IV-A dan IV-B Sekolah Dasar Negeri Citaringgul 06
Kabupaten Bogor yang terdiri dari 73 siswa, penelitian ini dilakukan pada
semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini
menunjukan nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 72,
sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 46. Ketuntasan hasil belajar
yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 84% sedangkan kelompok
kelas kontrol sebesar 49%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0
ditolak dan Ha diterima karena thitung (6,67179) > ttabel (1,99394). Dengan ini
dapat disimpulkan bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan
signifikan antara “Pengaruh Penerapan Model Discovey Learning
Terhadap Hasil Belajar Matematikan materi statistika”. Hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penerapan
model pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Discovery Learning, Matematika
Tidak tersedia versi lain