Skripsi Biologi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Wawasan Ekologi Terhadap Kemampuan Memecahkan Permasalahan Lingkungan Peserta Didik.
Rizki Rahayu. 036118030. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning dan Wawasan Ekologi terhadap Kemampuan Memecahkan
Permasalahan Lingkungan Peserta Didik. Universitas Pakuan. Bogor. Di
bawah Bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan M. Taufik Awaludin,
M.Pd.
Kemampuan pemecahan masalah sangat penting bagi setiap individu
khususnya bagi peserta didik, selain itu kemampuan pemecahan masalah
merupakan langkah awal dalam mengembangkan ide dalam membangun
pengetahuan baru. Model Problem Based Learning merupakan model yang
bercirikan adanya permasalahan nyata yang membantu siswa untuk aktif dalam
penyelesaian masalah. Selain faktor eksternal seperti model pembelajaran, terdapat
juga faktor internal yang mempengaruhi kemampuan memecahkan permasalahan
lingkungan, yaitu wawasan ekologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran PBL dan wawasan ekologi terhadap kemampuan
memecahkan masalah. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Sukaraja Kabupaten
Bogor, desain penelitian yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Pengambilan sampel
dilakukan dengan purposive sampling, yaitu kelas X MIPA, X MIPA 1 sebagai
kelas kontrol dan X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan urutan skor
wawasan ekologi peserta didik, kelompok peserta didik yang memiliki wawasan
ekologi tinggi (upper group) berjumlah 12 orang, dan peserta didik yang memiliki
wawasan ekologi rendah (lower group) berjumlah 12 orang dari kelompok A1
maupun kelompok A2. Berdasarkan hasil yang didapat diketahui bahwa taraf
signifikan = 0,021 yang mana nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05
sehingga Ho ditolak (H1 diterima), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan kemampuan peserta didik dalam memecahkan permasalahan
lingkungan dengan menggunakan model PBL. Peserta didik dengan wawasan
ekologi tinggi lebih baik kemampuan memecahkan permasalahan lingkungan
dengan model PBL, sedangkan pada peserta didik dengan wawasan ekologi rendah
lebih baik kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan model
ekspositori. Serta terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dan wawasan
ekologi terhadap kemampuan memecahkan masalah.
Kata kunci: Kemampuan memecahkan masalah, Model Problem
Based Learning, Wawasan ekologi
Tidak tersedia versi lain