Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Wawasan Ekologi Terhadap Kemampuan Memecahkan Permasalahan Lingkungan Peserta Didik.
Penanda Bagikan

Skripsi Biologi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Wawasan Ekologi Terhadap Kemampuan Memecahkan Permasalahan Lingkungan Peserta Didik.

Rahayu, Rizki/036118030 - Nama Orang;

Rizki Rahayu. 036118030. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning dan Wawasan Ekologi terhadap Kemampuan Memecahkan
Permasalahan Lingkungan Peserta Didik. Universitas Pakuan. Bogor. Di
bawah Bimbingan Dr. Hj. Rita Retnowati, M.S dan M. Taufik Awaludin,
M.Pd.
Kemampuan pemecahan masalah sangat penting bagi setiap individu
khususnya bagi peserta didik, selain itu kemampuan pemecahan masalah
merupakan langkah awal dalam mengembangkan ide dalam membangun
pengetahuan baru. Model Problem Based Learning merupakan model yang
bercirikan adanya permasalahan nyata yang membantu siswa untuk aktif dalam
penyelesaian masalah. Selain faktor eksternal seperti model pembelajaran, terdapat
juga faktor internal yang mempengaruhi kemampuan memecahkan permasalahan
lingkungan, yaitu wawasan ekologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran PBL dan wawasan ekologi terhadap kemampuan
memecahkan masalah. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Sukaraja Kabupaten
Bogor, desain penelitian yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Pengambilan sampel
dilakukan dengan purposive sampling, yaitu kelas X MIPA, X MIPA 1 sebagai
kelas kontrol dan X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan urutan skor
wawasan ekologi peserta didik, kelompok peserta didik yang memiliki wawasan
ekologi tinggi (upper group) berjumlah 12 orang, dan peserta didik yang memiliki
wawasan ekologi rendah (lower group) berjumlah 12 orang dari kelompok A1
maupun kelompok A2. Berdasarkan hasil yang didapat diketahui bahwa taraf
signifikan = 0,021 yang mana nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05
sehingga Ho ditolak (H1 diterima), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan kemampuan peserta didik dalam memecahkan permasalahan
lingkungan dengan menggunakan model PBL. Peserta didik dengan wawasan
ekologi tinggi lebih baik kemampuan memecahkan permasalahan lingkungan
dengan model PBL, sedangkan pada peserta didik dengan wawasan ekologi rendah
lebih baik kemampuan memecahkan masalah dengan menggunakan model
ekspositori. Serta terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dan wawasan
ekologi terhadap kemampuan memecahkan masalah.
Kata kunci: Kemampuan memecahkan masalah, Model Problem
Based Learning, Wawasan ekologi


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 19 RAH
2022SB0019.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
19 RAH
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
19 RAH p 2022
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model Problem Based Learning
Kemampuan Memecahkan Masalah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Prof. Dr. Rita Retnowati, M.S. dan M. Taufik Awaludin, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?