Skripsi Indonesia
Pengembangan E-Modul Materi Teks Negosiasi pada Siswa Kelas X SMK Generasi Madani Cibinong Kabupaten Bogor.
Peneliti ini menggunakan metode Research and Development, dengan produk akhir yang dikembangkan ialah bahan akar berupa e-modul materi test negosiasi untuk siswa kelas X. Adapun model pengembangan yang digunakan dalam menghasilkan produk bahan ajar berupa e-modul yaitu ADDDIE, yaitu terdiri dari lima tahapan; analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan, menghasilkan rancangan, medeskripsikan kelayalan, dan mendeskripsikan keefektifan pada produk bahan ajar berupa e-modul pada materi teks negosiasi. Sebanyak 38 siswa kelas X Broadcasting menjadi sasaran dalam penelitian, dengan rentan waktu yang dilaksanakan pada 10 s.d 17 September 2024 di smk generasi Madani Cibinong Kabupate3n Bogor. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis kebutuhan, analisis studi lapang, uji validsasi ahli, uji respon guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisis kebutuhn yang di lakukan pada siswa kelas X memperoleh presentase 81% yang menunjukan tingkat kesetujuan sasaran penelitian dalam upaya pengembangan produk bahan ajar berupa e-modul materi teks negosiasi. Kemudian, hasil keseluruhan uji validasi ahli menunjukan bahwa e-modul materi teks negosiasi sangat layak digunakan, dengan presentase 90% pada kelayakan media, kelayakan bahasa 100%, dan kelayakan materi 96%. Selanjutnya, hasil respon guru dan siswa menyatakan e-modul materi teks negosiasi sangat efektif, Dengan demikian, e-modul teks negosiasi untuk kelas X sangat layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajaran alternatif bagi guru dan siswa.
Tidak tersedia versi lain